kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

3/01/2009

Menjadi penghafal Qur'an, bisa gak yach?

Karena beberapa sebab aku mulai mengurangi waktu ngeblog n chatting, makanya sekarang aku jarang BW (maaf ya teman2, sekarang aku jarang bertamu di blog teman2, tapi don't worry, aku masih tetap hadir kok :))
nah sebagai gantinya aku disuguhi (sapa coba yang nyuguhi??? ;)) buku2 untuk dibaca (ya iyalah masak buku untuk ganjel kulkas? :D). Anehnya "sang penyuguh" ini menyuguhiku buku2 yang membahas tentang menjadi penghafal qur'an, padahal aku sudah sering disindir oleh teman chattingku yang juga sedang menuju menjadi seorang penghafal qur'an (sayang aku dilarang menyebutkan jatidiri sang teman ini, dia gak mau orang tau kalau dia sedang belajar jadi seorang hafidz). Oalahhhhhhhhhh wot hepen ini???? kok banyak banget yang menyindir diriku???? :c

Untuk postingan kali ini memang satu hal yang belum aku lakukan (tapi nekad nulis ya? :f). Maaf jangan diketawain ya... :$
Walaupun aku tahu menjadi penghafal qur'an itu gak mudah, namun kulahap juga buku2 itu (apalagi aku kan ingin kelak anak2ku menjadi seorang penghafal qur'an. *lho kok ngomongin soal anak???)
setelah tamat baca buku2 tersebut, dapat kusimpulkan bahwa menjadi penghafal qur'an itu banyak keutamaannya. Alqur'an akan membawa syafaat bagi para pembacanya juga orangtuanya, dengan qur'an Alloh akan mengangkat derajat manusia, lalu orang yanga tak membaca qur'an diibaratkan bagai rumah kosong yang rusak.
Ternyata banyak tahapan untuk menjadi seorang penghafal Qur'an.
Karena buku yang kubaca adalah cara menyiapkan anak menjadi penghafal qur'an, maka yang kubagi pun adalah metode dan tahapan menghafal qur'an bagi anak2.
pertama adalah Muqoddimah yaitu memberi motivasi kepada anak. siapa yang ingin mendapat istana di surga, siapa yang ingin dicintai Alloh dll.
Lalu tahapan Tasmi yaitu tahapan memperdengarkan bacaan qur'an. Tahapan ini dapat dimulai dari anak masih dalam kandungan, dan berlanjut hingga dewasa.
Talaqqi, yaitu tahapan dimana orangtua membaca, lalu anak menirukannya. Thapan ini diikuti dengan Tahsin yaitu membetulkan bacaan yang salah.
Lalu tahap berikutnya adalah Tahfidz yaitu tahapan menghafal.
Terakhir adalah tahap Takrir/Murojaah yaitu tahapan pengulangan. Tahapan ini dianggap tahapan yang paling sulit bagi seorang penghafal qur'an.
Insya Alloh dengan motivasi yang kuat dan izin Alloh menjadikan seseorang menjadi hafidz/hafidzoh bukanlah hal yang mustahil :y, apalagi jika mengetahui keutamaannya.

Menjadi penghafal Qur'an, bisa gak yach? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: else

28 comments:

  1. pertamaxxxxxxxxxx.......
    bisa dong bu guru.. hehehehe...kalo bisa hadiahnya apa..?? Kalo bu guru bisa ngga seh..?? btw, PR nya dah di ambil blum...??

    ReplyDelete
  2. km dah apal ??
    aq blum neh :(
    semua org psti bisa, asal ada kemauan dan niat.

    ReplyDelete
  3. klu ada kmauan.. pasti bisa insayaALLah.....
    tetap smangat.. Allhuakbar.......

    ReplyDelete
  4. weuweu keren nubruk2 alias yoi pol, emang masih ada yak MTQ?

    ReplyDelete
  5. harus bisa dunk :D.semangatttttttttt...aku mendukungmu say :D

    ReplyDelete
  6. selamat menghafal semoga sukses...

    ReplyDelete
  7. aku dr kecil sudah berusaha menghafal Al-quran...tapi cuma surat alfatehah yg nyantol..semuanya rontok tak tersisa...djakakakakk

    tar klo jeng udh hafal setor ke aku yach..kikiiikii..*sok tahu padahal ku ngaji aja masih gleyong gleyong..kayak layangan hampir putus*

    ReplyDelete
  8. akhirnya lamaran itu datang...itu masih tahapannya..belum menjaga diri ini..jaga hati, jaga pancaindera, jaga ruhiyah kita...
    begitu sulit...tapi begitu mudah yg istiqomah serta ikhlas kepada-Nya bukan karena "si hafidz" :)

    ReplyDelete
  9. Amin. Semoga cepat khatam :)

    ReplyDelete
  10. Menjadi penghafal Qur'an, bisa gak yach?

    selama niat itu ada, pasti bisa :) keep it on ;)

    ReplyDelete
  11. tapi bagai mana mungkin , membaca saja saya sulit.. (-bcanda)

    smangat kak .. kamu bisaaa ..

    yg penting tekad kuat n trus konsisten mengulang hafalan biar ga lupa ..

    menghafal mudah .. memeliharanya tuh yg susah T___T

    fuda juga mau ikut menghafal juga ah . dah banyak yg lupa niy hafalan fuda .. azzz

    ReplyDelete
  12. sulit...bukan berarti tidak bisa.....:D

    ReplyDelete
  13. persiapan buat tar ql punya anak yah sis....duh anna juga gak bisa menghafal, br sebatas mbaca saja

    ReplyDelete
  14. NIat yang begitu mengagumkan...

    pasti allah memberikan kemudahan..

    ReplyDelete
  15. juz amma aja dq lum hafal mbak...
    btw klo bisa ngapalin n ngamalinnya
    bakal mendapat kebahagiaan dunia akherat.
    jd critanya lg ngapal niy...Selamat deh Insya Allah bisa tercapai mbak

    ReplyDelete
  16. insya Allah dengan niat dan kesungguhan dan didasari untuk mencari Ridho Nya... PASTI BISA...!!! amin...

    ReplyDelete
  17. Maaf bu guru, aku juga jarang nongol ke sini, hehehehe... menghafal al-Qur'an juga, hehehe... materi ujian kuliyah.

    Wah, aku dukung 100%. pada dasarnya al-quran dan sunnah merupakan sumber yang dijadikan para ilmuan untuk menghasilkan formula-formula dan setiap cabang ilmu. Good Luck buat Ibu Guru Else. jangan-jangan udah merampungkan Lisanis-nya ya. em....

    Ada rencana melanjutkan program Master ga ya?

    ReplyDelete
  18. menjadi wanita penghafal alqur'an..., kemewahan di surga sebagai balasannya. smoga sukses..

    ReplyDelete
  19. km dah apal ya.... ??
    aq blum neh :(
    semua org psti bisa, asal ada kemauan dan niat.

    ReplyDelete
  20. waduuuh... artinya suami mbak novi nanti harus hafidz qur'an juga.. soalnya salah satu kewajiban suami yg istrinyi hafidzah dia harus bisa benerin bacaan ama hafalan istrinya..


    :D

    ReplyDelete
  21. Bisa deh.. amien.. amien.. amien..

    ReplyDelete
  22. Duh senenge yen duwe bojo hafidzoh.....mAUUUUUUU

    ReplyDelete
  23. @Rohim> kok istri hafidzah???
    hafidzah itu perempuan pak!
    mas rohim baca postingan ini gak sih? kok gak nyambung ma komennya?!

    ReplyDelete
  24. Info sangat penting!
    Sekarang sudah ada Pelatihan Metode Menghafal AlQuran. Tgl 27 dan 28 Nov 2010 di Yogya
    Silahkan daftarkan sahabat2 semua...
    HP.081227918500
    info: www.menghafal-quran.tk

    ReplyDelete
  25. Insya Allah bisa, karena Allah telah menjamin nya di Alquran Dan sesungguhnya kami mudahkan alquran utk peringatan,adakah org yg mau mengambil pelajaran (QS.Al qomar :17, 22, 32, 40)

    Kami tidak menurunkan Alquran ini kepadamu agar engkau menjadi susah (QS.thaha:2)

    dan ada 10 ciri2 ahli alquran :
    1. Senang dan termotivasi saat mendengar Alquran, serta senang mendengar Alquran daripada mendengar musik, baik itu musik islami (nasyid) apalagi musik jahiliyah
    2. Menetapkan waktu wajib untuk bersama Alquran
    3. Senang bergaul dengan para penghafal Alquran untuk menimba ilmu
    4. Banyak ibadah, untuk dapat kemudahan menghafal
    5. Merasa qhibtoh (iri) setiap melihat orang bisa hafal alquran
    6. Banyak berdoa untuk menjadi penghafal alquran
    7. Senang dengan shalat wajib atau tahajjud yang bacaan nya lama
    8. Banyak mengkhatam alquran, terutama di bulan Ramadhan
    9. Berusaha tetap bersama Alquran dan tidak menyerah dengan rasa malas dan saat futur
    10. Senang mendengar alquran yang lama

    kunjungi blog sy juga ya yg berisi smua ttg dunia menghafal alquran di www.dunialquran.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. Menjadi penghafal Qur'an bisa gak yach? Insya Allah bisa.

    When there is a will there is a way. Kalau memang tekad kuat. Serius untuk mempelajari dan mengamalkan isi al-Qur'an yang juga kita hafalkan. Banyak-banyak berdoa pada Allah. Hafizh ini orang-orang pilihan Allah, keluarganya Allah, walinya Allah, cinta mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah saw. Insya Allah Dia tolong kita untuk jadi Hafizh/Hafizhah.

    ReplyDelete