kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

11/28/2016

NHW #6 "Rutinitas Dengan Skala Prioritas"

Selama ini kendala yang saya alami adalah ketidak konsistenan saya dalam menjalani rutinitas sehari-hari, sehingga masih banyak target yang terbengkelai. Sudah beberapa kali mencoba membuat jadwal harian untuk pribadi dan keluarga, namun lagi-lagi mengalami kekacauan, yang seringkali disebabkan oleh kejadian yang tak terduga. Untuk menstabilkan kembali jadwal butuh effort yang tinggi, hingga terkadang merasa berat dan akhirnya gak mulai-mulai, hiks. Salah satu dampaknya adalah keterlambatan saya dalam mengumpulkan Nice Homework ini.

Melalui NHW yang ke-6 ini, saya akan mencoba membuat rutinitas yang lebih mengutamakan prioritas dengan melalui tahapan sebagai berikut :
1. *3 aktivitas yang sangat penting:
a. Membacakan buku untuk anak & bermain bersama anak
b. Mendampingi santri mengaji di pesantren
c. Muroja'ah hafalan

*3 aktifitas yang tidak penting:
a. Ngrumpi
b. Baca novel
c. Bermain gadget terlalu lama

2. Kegiatan yang menyita waktu lumayan banyak dalam keseharian saya adalah mendampingi santri  mengaji dan membaca novel.

3. Mulai minggu ini saya berniat memperbaiki rutinitas saya dengan membuat jadwal harian, yang semoga bisa saya patuhi, dengan rincian sbb :
Jam 04.00 - 06.00 = Muroja'ah hafalan
Jam 06.00 - 07.30 = aktifitas rutin (menyiapkan seragam, sarapan, mencuci baju & bersih-bersih)
Jam 07.30 - 11.00 = bermain bersama adek Awa
Jam 11.00 - 12.00 = membacakan buku untuk mas Aad
Jam 12.00 - 14.30 = istirahat bersama anak-anak (bisa dibarengi dengan jadwal dinamis untuk pengembangan diri)
Jam 14.30 - 19.00 = Mendampingi santri mengaji di pesantren
Jam 19.00 - 20.00 = Membacakan buku sebelum tidur
Jam 20.00 - 04.00 = aktifitas rutin

Semoga dengan jadwal di atas bisa menjadi pemicu semangat untuk selalu menjalani hari-hari dengan kegiatan bermanfaat. Wallohu a'lam.

NHW #6 "Rutinitas Dengan Skala Prioritas" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fatmah

0 comments:

Post a Comment