kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

11/16/2016

Nice Homework #4

NHW #4

Mempelajari satu persatu materi pada matrikulasi IIP ini semakin mengobarkan semangat saya untuk terus belajar menjadi ibu yang baik dan profesional.  Sebelumnya saya meminta maaf atas keterlambatan saya dalam mengerjakan NHW #4 ini, dikarenakan musibah yang menimpa keluarga saya yang tidak memungkinkan saya untuk dapat berpikir secara mendalam dan melakukan perenungan untuk menyelesaikan tugas kali ini. Namun,  hal tersebut tidak menyurutkan semangat saya untuk menyelesaikannya meskipun terlambat.

Nice homework kali ini adalah merupakan review dari nice homework-nice homework sebelumnya,  sebagai tahapan untuk menemukan misi hidup yang akan dijalani.
a.  Pada NHW #1 saya memilih jurusan ilmu "Pengendalian Emosi"  dalam universitas kehidupan ini,  dan setelah merenungkan kembali saya tetap memilih jurusan tersebut,  karena menurut saya ilmu tersebut bisa menjadi kunci dalam menjalani hidup ini dengan baik.

b.  Mengenai checklist harian yang telah saya buat pada NHW #2, saya sudah berusaha untuk konsisten,  meski masih ada beberapa yang bolong,  dan saya akan terus berlatih lebih keras untuk mengisi checklist harian tersebut.

c.  Setelah kembali merenung dan membayangkan apa kira-kira maksud Alloh menciptakan saya di muka bumi ini,  saya menetapkan diri saya sebagai fasilitator anak-anak untuk mencintai dan menguasai ilmu-ilmu tentang Al-Qur’an dengan cara yang lebih enjoy dan menyenangkan.  Karena saya hidup di lingkungan pesantren yang setiap harinya berkecimpung dengan kegiatan mengaji Al-Qur’an,  namun saya menemukan banyak anak-anak yang tidak enjoy dalam mengaji bahkan sangat tertekan dengan tuntutan-tuntutan yang ada dalam metode yang digunakan.
Misi hidup : Mengenalkan dan mengajarkan Al-Qur’an dengan cara yang enjoy,  sehingga tercipta generasi yang mencintai Al-Qur’an.
Bidang : Pendidikan Al-Qur’an
Peran : fasilitator

d.  Dengan misi tersebut,  tahapan ilmu yang harus dikuasai adalah sebagai berikut :
1. Bunda Sayang : Ilmu tentang Al-Qur’an
2. Bunda Cekatan : Ilmu seputar metode pembelajaran Al-Qur’an yang menyenangkan.
3. Bunda Produktif : Ilmu seputar minat dan bakat yang berkaitan dengan Al-Qur’an,  seperti seni tilawah,  tahfidzul Qur’an dan Tafsir.
4. Bunda Shaleha: Ilmu tentang menebarkan kecintaan terhadap Al-Qur’an kepada orang lain.

e. Untuk melaksanakan misi hidup saya ini saya menetapkan milestone sebagai berikut :
KM 0 = 32 tahun
Saya berniat mendedikasikan waktu 2 jam setiap harinya untuk mempelajari dan mempraktekkan ilmu-ilmu yang saya butuhkan.
Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :
KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Demikian NHW kali ini,  semoga bisa menjadi panduan bagi saya untuk mewujudkan misi hidup saya.  Amiin.

Nice Homework #4 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fatmah

0 comments:

Post a Comment