kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

12/20/2016

#NHW5 LEARN HOW TO LEARN

Tujuan utama NHW kali ini adalah untuk menemukan cara belajar yang kita anggap paling pas untuk diri kita sendiri, baik itu dari segi metode yang digunakan atau guru yang cocok untuk kita.

Untuk menemukan hal tersebut, maka perlu disusun desain pembelajaran yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan kualitas diri ini, di antaranya:

1. Membaca buku-buku yang berhubungan dengan ilmu yang ingin saya tekuni, seperti:
- Buku tentang parenting
- Buku tentang ilmu Al-Qur'an
- Buku tentang cara belajar yang asyik
Dan untuk selanjutnya dibuat daftar buku-buku yang harus dibaca, serta pemenuhan target dalam membacanya.

2. Belajar kepada Maestro
Untuk saat ini saya sudah mengikuti beberapa tokoh yang saya jadikan panutan di bidang parenting, seperti Ibu Septi Peni, ibu Elly Risman dan Ayah Edy, meskipun saya belum berkesempatan untuk belajar secara langsung, semoga di masa yang akan datang saya bisa berguru langsung kepada beliau-beliau.
Dalam bidang al-Qur'an, saya memiliki guru-guru yang sangat mumpuni yang bisa dijadikan rujukan dalam bidang ilmu Al-Qur'an, di antaranya ustadz Imam Masyhadi, abah Ahsin Sakho, dan KH. Ulul Albab Arwani.

3. Belajar bersama komunitas
Sejauh ini saya lebih banyak belajar bersama komunitas di dunia maya, seperti di grup whatsapp atau facebook. Komunitas di dunia nyata masih terbatas teman-teman santri Ath-Thohiriyyah yang biasa belajar bersama saya.

4. Belajar melalui pelatihan atau melihat langsung ke sumber ilmu
Selama ini jika ada pelatihan yang berhubungan dengan ilmu yang ingin saya tekuni dan terjangkau, selalu saya usahakan untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.

5. Belajar sambil praktek
Metode ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk terus berkembang, karena dengan kita mempraktekkannya secara langsung, kita akan selalu menemukan inovasi-inovasi yang bisa menjadikannya lebih baik. Dalam hal ini yang saya lakukan adalah terjun langsung di dunia pengajaran Al-Qur'an untuk anak-anak, dan saya terus berusaha memperbaiki metode yang digunakan, agar anak-anak bisa enjoy ketika mengaji dan bisa cinta terhadap al-Qur'an.

#NHW5 LEARN HOW TO LEARN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fatmah

0 comments:

Post a Comment