kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

12/20/2016

#NHW9 BUNDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN

"Every one is a Changemaker" (setiap orang adalah agen perubahan). Kalimat sakti dalam materi terakhir pada Matrikulasi IIP ini mampu mengobarkan semangat saya untuk bisa berbuat lebih dalam hidup ini. Selama ini yang terfikir hanyalah target-target pribadi dan keluarga. Namun, saat ini saya bertekad untuk bisa mewujudkan misi hidup saya agar bisa menjadi agen perubahan dalam masyarakat agar bisa memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Untuk memulai perubahan ini ada beberapa langkah yang harus dilewati, yaitu:

🌟 Menentukan minat, hobby dan ketertarikan (passion). Dalam hal ini passion saya adalah di bidang parenting, terutama yang terkait dengan kegiatan-kegiatan edukatif untuk mengisi keseharian anak agar anak-anak bisa tumbuh sesuai dengan fitrahnya dan bisa menikmati hidupnya.

🌟 Memahami skill yang dimiliki, baik hard skill maupun soft skill:
- hard skill: educative games, art&craft, blogging
- soft skill: kreatif, inovatif & telaten

🌟 Menemukan isu sosial yang ingin diselesaikan:
Saat ini banyak sekali anak-anak yang kecanduan gadget dan tv. Padahal acara tv zaman sekarang banyak sekali yang tidak mendidik, begitu juga dengan games yang ada, banyak sekali yang terkontaminasi dengan konten-konten yang negatif. Jika hal ini terus berlanjut, maka akan banyak sekali generasi muda yang menyia-nyiakan waktunya dengan hal yang tidak bermanfaat, serta banyak anak-anak yang tumbuh tidak sesuai dengan fitrahnya.

🌟 Bagian masyarakat yang perlu disentuh:
- orangtua
- praktisi pendidikan, terutama di TK&PAUD

🌟 Ide sosial:
- Menciptakan kegiatan-kegiatan yang edukatif untuk anak-anak
- Menjadikan pendidikan anak disesuaikan dengan fitrahnya, agar anak-anak bahagia menjalaninya.

NHW ini adalah tugas terakhir dalam Matrikulasi IIP batch 2. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dalam matrikulasi ini. Terima kasih yang tak terhingga untuk ibu Septi atas semua ilmunya, juga pada para fasilitator dan koordinator yang telah mengatur jalannya matrikulasi ini, semoga semuanya tercatat sebagai amal jariyah yang bisa menjadi syafa'at di hari kiamat kelak. Mohon maaf belum bisa maksimal dalam mengikuti matrikulasi ini.

#NHW9 BUNDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fatmah

0 comments:

Post a Comment