kumpulan info unik menarik seputar kehidupan

9/24/2008

APA SALAH GEMUK?

Gemuk atau obesitas, memang tidak baik untuk kesehatan,namun kali ini saya tidak akan membahas gemuk dipandang dari sudut kesehatan.
Saya banyak melihat orang gemuk yang dijadikan bahan ejekan , nah inilah yang akan saya bahas. (ceile…, gaya bener gw yah,…sok membahas sesuatu, biarin aja deh, narsis di blog gw sendiri :D)

Penggambaran tentang orang gemuk yang negatif di media, (tidak heran) membuat timbulnya citra yang sama tentang orang gemuk dalam dunia kehidupan nyata.
Orang gemuk menjadi sangat berpotensi untuk dilihat sama dalam kacamata yang digunakan media.
Karena orang gemuk umumnya dilecehkan dan ditertawakan di televisi, jadilah mereka juga banyak diolok-olok dalam kehidupan nyata.
Ini misalnya yang menyebabakan anak2 gemuk sering dipanggil atau lebih tepatnya diejek “ndut”. Meski yang dipanggil sebenarnya tidak suka.
Anak2 juga bisa jadi gampang mencaci orang gemuk, karena mereka melakukan peniruan terhadap apa yang mereka saksikan di televisi. Mereka sekedar meniru.

Yang menyedihkan, kesadaran tentang kondisi pelecehan ini bahkan tidak muncul pada kalangan orang gemuk yang tampil di televisi.
Umumnya, demi uang , mau-maunya mereka tampil untuk jadi bahan tertawaan,ejekan ataupun olok2.
Karena itu patut dipuji langkah yang diambil Dewi Hughes,pembawa acara televisi yang berbadan gemuk, untuk menolak tampil di televisi jika hanya untuk menjadi bahan tertawaan.(perlu digaris bawahi, JIKA HANYA)

Namun, dalam tayangan televisi, sebenarnya orang2 gemuk tidak sendirian menjadi kelompok yang sering diolok2, dilecehkan, dijadikan bulan2an.
Kelompok lain yang sering menjadi “korban” bulan2an tertawaan ini adalah, orang cebol, orang botak, pembantu, hansip dan mereka yang berkulit gelap.

Mencermati ini semua, sudah seharusnya gambaran melecehakan terhadap kelompok2 tertentu dalam masyarakat tak ditampilkan oleh para kreator tayangan televisi maupun iklan.
Jika hal semacam ini masih saja dibuat dan dimunculkan, selain tidak ada muatan pendidikannya, namun juga sang kreator tidak saja tak kreatif tapi juga bebal.


Apakah anda gemuk?? eh salah maksudnya apakah anda mempunyai pengalaman dengan hal ini?
Silahkan berbagi di blog ini.
(tulisan ini disarikan dari artikel di majalah Ummi)



APA SALAH GEMUK? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: else

24 comments:

  1. wah gemuk yah... hmm ntah diriku ini termasuk gemuk apa nggak yg pasti beratku skr dah nyentuh 78Kg sebagai seorang cowok dgn tinggi 168cm

    tapi inilah Rahmat dari Alloh SWT, seperti apapun hrs kita syukuri bener g???

    ReplyDelete
  2. ya mbak,,lama tak keliatan,,,
    ya neh,,q katanya gemuk sih,,,tapi katanya ibuku udah ceking banget,,,udah kayak atlit,,antara tulang dan kulit,,,ya masalah gemuk pokokna yang penting sehat aja!
    met puasa

    ReplyDelete
  3. akh g kegt" amat tuh dengernya,,, dah budaya Indonesia kali menghina padahal dia juga kurang....

    tul gak....


    btw tema postingan kita kok hampir mendekati ya...
    rencananya abis KARENA KITA KAYAK KOPI aku mau posting sesuatu.... ya mirip" lah temanya,,, tapi bukan berarti men-contek mbak loh ya

    ReplyDelete
  4. dari dulu sampe skrg bentuk bdn g berubah secara drastis jd blm ada pengalaman. skr jd rajin posting y.sip deh :D

    ReplyDelete
  5. gemuk, kurus, proporsional atau apapun itu...

    ga bakal pernah kita nikmati selam kita tidak mensyukuri apa yang sudah diberikan kepada kita,


    ...have fun

    ReplyDelete
  6. Hemmm..memang sekarang begitulah kebanyakan orang di bangsa kita..tapi mo bilang apalgi mba..

    ReplyDelete
  7. Saya sih, emang gemuk 170/90... tapi pede aja lage. Sekarang kayaknya, lebih dihormati daripada dulu waktu masih kurus

    ReplyDelete
  8. saya sih lebih menghargai orang yang berani mencaci: "gendut, jelek loh". daripada sok nggak mencaci, namun sampe mampus nyimpen kalimat "gendut jelek" dalem hatinya hiks...Kalaupun mengatakan "gendut, jelek loh" itu salah, setidaknya dia belajar untuk tak seperti itu lagi, namun yang terpenting, tak menyimpan dalam hatinya hingga mampus. wakakakak nyamuk "dendam berdarah" kata mas mantan kyai, dan menurut sayah, itu lebih parah dari mencaci orang gembrot :p
    ihik, emang nggak capek itu basa-basi sampe basi?

    ReplyDelete
  9. @bang richard, klo saya moh jadi dua2nya yg abang sebutkan itu, makanya saya posting ini biar gak jadi yang abang sebutkan itu.
    Mencaci sudah pasti elek bang!, dendam juga elek, jadi aku gak mau jadi orang elek.
    Nah sekarang terus-mernerus BELAJAR jadi orang yang gak mencaci dan gak dendam,
    apalagi mencaci dan mendendam pada bang richard yang mo jadi presiden :D (aku seng milih bang)

    ReplyDelete
  10. suka kesian klo ngeliat orang gemuk jadi bahan ejek2an...
    mangkanya selalu wanti2 dan kasi pengertian ke anak2ku klo becanda is okey tapi ga boleh ngetawain kekurangan fisik sesorang, entah itu gendut, cungkring, cebol dll dsb...

    semoga para pembuat sinetron juga jangan lagi mengekspose adegan ledek2an yang begitu.

    ReplyDelete
  11. wah.. Panda mah kurus kering jd ga pny pengalaman apa2 :D

    ReplyDelete
  12. duh, bener juga nih, ni temen sekantor namenye "balon" wkwkwk yah, dibalik semua ada hikmahnya :)
    yg kurus brarti stres idupnya [ngomongin diri-sendiri] wkwkw

    ReplyDelete
  13. @else
    hanya berusaha menentukan pilihan jeng. karena faktanya, kita tak bisa memaksakan semua orang untuk setuju dengan Hu Ges yang mengatakan "big is beautifull".
    ketika kita mengatakan belajar, namun tak berani menentukan pilihan karena takut gagal, disanalah pembelajaran kita dipertanyakan? karena tak ada belajar yang tak pernah gagal :)

    ReplyDelete
  14. Yip2...

    Itulah fakta yang terjadi saat ini...

    Tapi kalo dilihat secara lepas duniawi *ciah, apa pula ini...* justru semakin sering kita diejek, semakin tinggi pula 'nilai' yang kita dapat... dan semakin terkurangi pula 'nilai' dari yang mengejek dan mencemooh.

    Sungguh kekurangan pada diri itu merupakan cobaan berat, namun kelebihan pada diri itu adalah suatu cobaan yang jauh lebih berat...

    ReplyDelete
  15. karena gemuk itu sebagian dari iman :p

    ReplyDelete
  16. karena gemuk itu bagian dari kemakmuran....

    ReplyDelete
  17. gue mo tau ja nie, mba else gemuk juga ja, abis mendalami banget

    ReplyDelete
  18. nda salah kok,,
    cuma perlu jg diperhatiin kn ktnya gemuk nda bgus jg,,
    gmuk2 agk chubby c nda ap2,,itu c aq suka ^^
    klik-andri.co.cc

    ReplyDelete
  19. aku orangnya gendut, ya memang dari kecil aku sudah jadi bahan olokan teman2 disekolah maupun teman2 dilingkungan sekitarku.
    aku slalu sabar tapi yah yg namany kita mnusia biasa bukn nabi, pasti kita akan mrah tpi mau mrah dngan siapa toh knyataannya memang begitu.
    tpi ya aku berusaha untk terima knytaan bersyukur aja, sampe saat ini aku fine2 ajaa...

    ReplyDelete
  20. aku orangnya gendut, ya memang dari kecil aku sudah jadi bahan olokan teman2 disekolah maupun teman2 dilingkungan sekitarku.
    aku slalu sabar tapi yah yg namany kita mnusia biasa bukn nabi, pasti kita akan mrah tpi mau mrah dngan siapa toh knyataannya memang begitu.
    tpi ya aku berusaha untk terima knytaan bersyukur aja, sampe saat ini aku fine2 ajaa...

    ReplyDelete